Tips Berkarir sebagai Freelancer
Tips

Tips Berkarir sebagai Freelancer

Tips Berkarir sebagai Freelancer – Sebagian orang memilih bekerja sebagai freelancer dibandingkan full-time. Hal ini bisa disebabkan karena banyak orang yang menginginkan kebebasan dalam bekerja. Sayangnya, bekerja sebagai freelancer butuh keterampilan khusus yang menjual. Misalnya, desain grafis, web designer, fotografer, penulisan konten, dan lain sebagainya. Nah, bagi Anda yang berminat menjadi freelancer, berikut tips berkarir sebagai freelancer yang bisa Anda lakukan.

Tips Berkarir sebagai Freelancer

Jika Anda ingin menambah pundi-pundi rupiah ataupun sebagai sumber penghasilan utama Anda, berikut tips berkarir sebagai freelancer yang bisa Anda tiru.

  1. Menentukan Tujuan Freelancer

Sebelum terjun sebagai freelancer, ada baiknya tentukan tujuan Anda terlebih dahulu. Apakah ingin mendapatkan penghasilan tambahan, menyalurkan hobi, atau sebagai pekerjaan utama Anda. Jika freelancer adalah pekerjaan utama Anda, maka pilihlah proyek kerja yang menjanjikan dan mampu mencukupi kebutuhan hidup Anda.  Sementara, jika tujuan freelancer adalah menambah penghasilan atau menyalurkan hobi, carilah pekerjaan freelance yang tidak mengganggu pekerjaan utama Anda.

Baca Juga: Tips Mengembangkan Karir

  1. Tentukan Satu Bidang Keahlian Anda

Penting bagi seorang freelancer memiliki setidaknya satu bidang keahlian yang ia kuasai. Keahlian tersebutlah yang akan Anda jual kepada klien-klien yang membutuhkan pekerjaan Anda. Fokuskan pada satu bidang sebagai personal branding, sehingga orang lain yang membutuhkan jasa Anda lebih mudah mencarinya.

Misalnya, Anda memiliki keahlian dalam penulisan konten, maka fokuslah pada penulisan konten. Buatlah diri Anda dikenal sebagai penulis konten. Sehingga ketika klien membutuhkan jasa penulisan konten, mereka bisa menemukan nama Anda dengan mudah. Hal ini juga akan membuat Anda lebih mudah menyelesaikan projek yang diberikan klien sesuai dengan bidang keahlian Anda.

  1. Jadikan Hasil Kerjamu dalam Fortofolio

Kumpulkan hasil kerjamu dalam fortofolio, sehingga ketika ada orang lain atau klien baru yang ingin melihat kemampuan Anda, tunjukkan fortofolio hasil kerja Anda tersebut. Jika Anda sebagai penulis konten, Anda bisa membuat sebuah blog atau website yang memuat tulisan Anda sehingga klien bisa mengecek kemampuan Anda menulis di dalam blog tersebut. Begitu pula keahlian yang lain, jika Anda memiliki keahlian dalam bidang fotografer, Anda bisa menjadikan hasil foto Anda di dalam album atau mengunggahnya di media sosial.

  1. Promosikan Diri Anda sendiri

Apa tujuannya? Mempromosikan diri sendiri sangat penting untuk memperkenalkan siapa diri Anda sebenarnya dan apa kemampuan Anda. Akan sulit dikenal oleh klien jika Anda tidak mempromosikan diri Anda sendiri kepada publik. Jika Anda tidak dikenal, maka sulit mendapatkan klien yang membutuhkan jasa Anda.

Maka buatlah profil diri yang menarik dan promosikan di website atau media sosial. Dengan cara tersebut, Anda bisa memperkenalkan diri dengan keahlian yang Anda miliki kepada publik. Hal ini memberikan kesempatan pada Anda mendapatkan klien yang mau bekerja sama dengan Anda.

  1. Lakukan yang Terbaik untuk Klien

Klien adalah sumber penghasilan yang akan Anda dapatkan setelah menyelesaikan pekerjaan yang mereka berikan. Usahan selalu menyelesaikan pekerjaan dari klien tepat waktu dan sesuai permintaan. Jangan kecewakan klien dan terus lakukan yang terbaik untuk klien. Jaga komunikasi dan bersikap ramah, agar klien juga menghargai hasil kerja Anda.

Jika Anda bersikap ramah dan hasil pekerjaannya memuaskan, bukan tidak mungkin jika klien mengajak Anda bekerja sama dalam projek jangka panjang. Hal tersebut tentu akan menguntungkan bagi Anda, karena tidak semua freelancer mudah mendapatkan klien. Jadi, ketika Anda sudah mendapatkan satu klien yang bisa diajak bekerja sama, lakukan dengan baik dan maksimal.

  1. Aktif Mencari Pekerjaan

Tips berkarir sebagai freelancer selanjutnya yaitu aktif mencari pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan. Perlu diketahui salah satu resiko menjadi freelancer adalah tidak memperoleh pendapatan sama sekali dalam beberapa waktu tertentu. Hal tersebut dikarenakan freelancer tidak mendapatkan pekerjaan atau proyek bersama klien. Jadi, bagi Anda yang memutuskan bekerja sebagai freelancer, maka Anda harus aktif mencari pekerjaan.

Banyak situs online atau platform digital yang menawarkan berbagai lowongan pekerjaan sebagai freelancer. Manfaatkan hal tersebut untuk mendaftarkan diri dan melamar pekerjaan sesuai dengan bidang keahlian yang Anda miliki.

  1. Kelola Keuangan dengan Baik

Bisa dikatakan bahwa pendapatan seorang freelancer sangat tidak menentu. Jika Anda tidak pandai mengatur keuangan, maka honor atau pendapatan yang Anda peroleh tidak akan cukup untuk memenuhi kehidupan Anda. Maka dari itu, pandai-pandailah dalam mengatur keuangan hasil pendapatan yang Anda peroleh. Pisahkan uang ke dalam beberapa kebutuhan, mulai dari kebutuhan hidup hingga menabung.

Menjadi freelancer bukan berarti tidak bisa sukses, tips berkarir sebagai freelancer bisa Anda terapkan sehingga Anda bisa berkembang sebagai freelancer yang sukses. Teruslah mengasah keterampilan yang Anda miliki, sehingga Anda bisa menjadi ahli dibidang Anda sendiri. Tekuni bidang Anda dan rajin melamar pekerjaan hingga mendapatkan klien yang sesuai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *